Rabu, 20 Juli 2011

Cara memilih dan mengetahui kode Ban Sepeda Motor

Awalnya, anda mungkin berpikir bahwa kode ban motor tidak lebih dari huruf dan angka yang aneh dan tidak berguna. Tapi jika dilihat lebih jauh, anda akan menemukan sebuah pola pada kode-kode ini. Faktanya kode ban motor didesain untuk memberitahu anda apa yang perlu anda ketahui tentang ban tersebut, karena penggunaan ukuran ban yang salah, dapat menyebabkan kematian. Maka adalah sebuah hal yang penting untuk mengetahui kode ban sebelum anda membelinya.

BanMotorCode

Mari kita liat angka pertama, 130/90 16, yang dikenal sebagai kode metric dan digunakan sebagai standar di dunia otomotive.



BanMotortiresection_sml

Angka 130 menyatakan lebar ban dalam satuan millimeter, diukur dengan garis lurus dari satu sisi ban ke sisi ban yang lain. Angka 90 menyatakan aspect-ratio antara lebar dan tinggi. Semakin tinggi angka ini, maka ban akan semakin tinggi. pada kasus ini ban memiliki ketinggian 90% dari lebarnya, atau 117 mm.


Angka terakhir adalah 16, yaitu diameter dari velg yang dinyatakan dalam satuan inchi.

Nomor seri MT90,16, merepresentasikan ukuran ban yang sama, namun dieekspresikan dalam kode alphabetis. M berarti ban ini digunakan untuk motorcycle, T berarti kode lebar, dan 90 adalah aspect ratio, dan 16 adalah diameter velg

Size conversion chart

Front tiresRear tires
MetricAlphanumericMetricAlphanumeric
80/90MH90110/90MN90
90/90MJ90120/80MP85
100/90MM90120/90MP85
110/90MN90130/90MT90
120/90MR90140/90MU90
130/90MT90150/80MV85
150/90MV85

Kecepatan dan konstruksi ban

Selain dari kode di atas, anda juga mungkin akan menemukan huruf yang muncul, seperti 160/70VR 16, 170/60R 16V, atau dengan kombinasi yang lain. Dua huruf tambahan tersebut mewakili kelas kecepatan dan konstruksi ban

Setiap huruf pada kelas kecepatan menyatakan kecepatan maksimum yang dapat ditanggung oleh sebuah ban pada kapasitas beban yang direkomendasikan. Menaiknya angka ini dihitung dalam satuan kilometer per jam


RatingSpeed
miles per hour
Speed
kilometers per hour
Q99 mph160 km/h
S112 mph180 km/h
T118 mph190 km/h
U124 mph200 km/h
H130 mph210 km/h
V149 mph240 km/h
W168 mph270 km/h
Y186 mph300 km/h
ZOver 149 mphOver 240
km/h

BanMotortireinfo2


Huruf berikutnya menyatakan metode konstruksi ban yang digunakan
R berarti konstruksi radial
B berarti belted bias.


Ada lagi ?

Ah ya, terakhir adalah TT atau TL yang menyatakan jenis ban
TT = Tube Type (ban dengan ban dalam)
TL = Tube less (ban tanpa ban dalam)


Ban tubeless adalah ban yang tidak membutuhkan tube di bagian dalam (ban dalam butyl karet) sehingga lebih aman dibanding ban biasa.

Ban biasa memiliki kelemahan seperti :
- fitment yang tak tepat
- Gesekan antara ban luar dan ban dalam yang menyebabkan panas dan akhirnya meledak


Ban tubeless, memiliki halobutyl impermeabel yang jika digabungkan dengan velg akan membentuk seal udara. Jika ban mengalami kebocoran maka udara hanya mengalir melalui lubang kebocoran sehingga ban tak segera kempes. Sedangkan ban biasa ban dalam ketika tertusuk dapat meledak seperti balon yang mengakibatkan ban kempes secara cepat, yang dapat menyebabkan hilangnya kontrol terhadap kendaraan. Sebuah seal liquid dapat ditambahkan kepada ban tubeless untuk menghindari kempesnya ban

BanTubeless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar