Jumat, 06 Mei 2011

20 Pantangan Saat Berkomunikasi



Setiap manusia sudah tentu mendambakan lihai dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan rekan dan sahabat di sekitar. Ada banyak hal yang semestinya tidak perlu kita lakukan saat berkomunikasi dengan orang lain. Berikut 20 Pantangan yang perlu kita hindari saat berkomunikasi:
1. Jangan memotong pembicaraan orang lain.
2. Jangan berteriak: “tenaaanggg!, diaaaammm!”.
3. Jangan bereaksi secara berlebih dan emosional. Sebaliknya, pusatkan perhatianmu kepada hasil.
4. Jangan mengeluh. Sebaliknya, tujulah orang yang tepat dan bicaralah dengannya untuk menyelesaikan problem yang ada.
5. Jangan mengaku bahwa anda mengetahui perasaan orang lain dan keinginan mereka. Sebaliknya, tanyakan kepada mereka tentang hal itu.
6. Jangan GR bahwa orang lain dapat mengetahui perasaan dan keinginan anda. Sebaliknya, ungkapkan apa yang anda rasakan kepada mereka.
7. Jangan menghina siapapun dan hargailah pendapat orang lain
8. Jangan melakukan kritikan atau celaan kepada siapapun, khususnya di hadapan khalayak.
9. Jangan mendebat. Sebaliknya, dengarkan, dan sampaikan dengan jelas sudut pandang anda.
10. Jangan mengancam, sebab hal itu akan membawa akibat buruk sepanjang masa.
11. Jangan bersikap negatif, bukalah dada anda untuk menerima usulan-usulan baru.
12. Jangan memborong hak berbicara, beri kesempatan orang lain untuk ikut serta berbicara.
13. Bersikaplah adil dan jangan ngeblok ke salah satu pihak.
14. Jangan mencela, namun bertanggung jawablah. .
15. Jangan ngeloyor pergi saat seseorang berbicara kepada anda, tunggu dan dengarkanlah.
16. Jangan sering-sering menjeneralisir, seperti: selalu … selamanya … semuanya …
17. Jangan pergunakan kalimat: “Seharusnya begini …”, gantilah dengan kalimat: “bagaimana kalau begini …”.
18. Jangan pergunakan kalimat berikut:
“akan tetapi”, gantilah dengan “dan”
“kenapa”, gantilah dengan “apa”
“kalau saja”, gantilah dengan “saat”
“Coba…”, gantilah dengan “lakukan…”
19. Jangan memandang kecil urusan orang lain, namun, perbanyaklah memuji.
20. Janganlah melalaikan masalah personal orang lain, justru tampakkan simpatimu, perhatianmu dan keinginanmu untuk memahaminya.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar